6 Cara Tepat Memilih Merpati Balap Berkualitas

6 Cara Tepat Memilih Merpati Balap Berkualitas. bila ingin memiliki burung merpati balap dengan kualitas yang baik memang agak terasa membingungkan jika anda belum mengetahui banyak pemilihan yang tepat untuk memilih burung.

Cara tepat memilih burung merpati balap berkualitas tentunya tidak terlepas dari kriteria-kriteria burung merpati balap tersebut.

Dalam  memilih merpati balap berkualitas pasti penghobi burung balap telah mempunyai tips dan triknya masing – masing.

Untuk itu, jika anda ingin mengetahui cara memilih dan memahami kriteria burung merpati balap berkualitas supaya anda tidak menghamburkan uang dan kecewa. berikut ini beberapa tata cara yang jitu memilih burung merpati balap yang dapat di praktekkan :

1. Bagian Kepala Merpati Balap

Burung merpati balap yang berkualitas tentu memiliki bentuk kepala yang bisa dikatakan tinggi dibandingkan kepala belakangnya tegak dan pendek tidak terlalu panjang. harus berimbang yang dapat menjaga kestabilan terbang saat di udara. bentuk patuk merpati yang berkualitas diharuskan pendek, lurus, kuat dan ujungnya sedikit melengkung.

2. Bagian Mata Merpati Balap

Carilah mata yang terlihat tajam dan kecil dengan pupil bulat kecil hitam legam dan tidak pecah. Sementara warna mata di luar pupil haruslah jernih, atau kuning, atau kuning campur merah atau bila tidak demikian terdiri dari 3 warna yang beda.

3. Sayap Terbang Merpati Balap

Sayap merpati rapi, tebal, lebar, dan rapat. Bentuk sayap burung merpati balap yang baik adalah harus rata dari ujung hingga pangkal. Burung merpati balap memiliki 2 bagian sayap, yaitu sayap terbang primer dan sayap terbang sekunder.

4. Lihat Teliti tulang supit Merpati Balapnya.

Carilah tulang supit dengan tekstur kuat. Bulu ekor merpati ini memiliki peranan yang penting terhadap kemampuan terbang merpati balap. Bulu ekor merpati balap rata-rata berjumlah 12 helai dan pada posisi tidak terbang tampak seperti jagung yang masih terbungkus seludang. Panjang bulu ekor saat merpati dipegang lebih panjang dari bulu sayap terbang selisihnya sekitar 2 cm.

5. Mencermati Hidung Burung Merpati Balap

Cermatilah hidung burung Merpati Balap, anda dapat memantaunya apakah dia memiliki kualitas yang baik atau tidak. Burung Merpati Balap dengan kualitas yang bagus memiliki ciri-ciri hidung sebagai berikut:

1. Ukurannya adalah besar, cukup panjang dan menggembung tapi secara genetik bukan turunan dari jenis prambon Merpati Pos. Warna hidungnya putih pekat, dengan pangkal hidung bagian bawah menjorok kebelakang.

2.  Bila jenisnya dari Merpati Prambon, hidung yang bagus adalah berukuran besar, panjang, serta melekat ke paruh burung Merpati Balap andaPada hidung seperti ini akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung saat berwarna putih pekat, ditambah lagi dengan pangkal hidung bagian bawah berbentuk menjorok kebelakang.

3. Bila berasal dari spesies Jawa, maka hidung yang baik berbentuk kecil, menggembung dengan adanya strain Jawa, Jawa Delesatau Jawa Sungut. Warna hidung ini adalah kapur pekat, dengan pangkal hidung bawah yang juga menjorok kebelakang. Ini salah satu ciri merpati unggul.

6. Cek Dada Merpati, Pilih yang Tegak

Poin ini tidak terlalu berpengaruh pada kemampuan, kecepatan atau tata terbang burung. Hanya saja, jika ingin memiliki burung peliharaan yang sedap dipandang mata, faktor fisik ini cukup layak dipertimbangkan. Selayaknya manusia, dada tegap seseorang laki-laki akan lebih menarik untuk dilihat, terutama bagi lawan jenis.

Nah, itulah beberapa poin penting dalam memilih merpati balap yang berkualitas! Jangan lupa untuk mengamati dengan lebih jeli serta membawa teman yang lebih paham serta . Faktor-faktor lainnya  juga, yaitu berupa kesehatan mental dan fisik burung, kebersihan bulu, paruh, cakar, dan sebagainya.

You may also like...

1 Response

  1. April 27, 2019

    […] Baca juga : 6 Cara Tepat Memilih Merpati Balap Berkualitashttps://pasukanburung.com/2019/04/26/6-cara-tepat-memilih-merpati-balap-berkualitas/ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *