Tips Jitu Memelihara Burung Dara Merpati, Supaya Bernilai Jual

Pasukanburung.com. Memelihara burung menjadi salah satu hoby bagi sebagian orang. Sehingga, mereka rela menyisihkan waktu dan budget untuk memelihara burung kesayangannya. Banyak ragam burung yang dapat dipilih untuk dijadikan hewan peliharaan.

Salah satunya, Burung Dara Merpati menjadi pilihan banyak orang. Selain jenis burung yang memiliki filosofi kesetiaan, hewan ini juga dihiasi dengan pesona paras menawan. Suaranya yang khas pun banyak memikat para penikmatnya.

Nah Pemirsa, ternyata memelihara burung saat ini tidak hanya sekedar kegemaran lho. Namun, para pencinta burung kini menjadikannya ajang bisnis yang lumayan menghasilkan.

Salah satunya Burung Dara Merpati, menjadi pusat market yang banyak diminati. Biasanya, juga akan dijual pada sesama pencinta burung. Bahkan, kini sudah memiliki akses mudah dalam memasarkannya.

Anda dapat memanfaatkan sarana digital. Baik itu hanya menggunakan akun media sosial personal dan grup seperti Facebook, WA dan Instagram. Maupun beragam platform advertishing, hingga situs website. So, akan membuat jalan Anda beternak burung maupun membisniskannya menjadi terbuka peluang lebar untuk mendapatkan penghasilan.

Namun Pemirsa, sebelum Anda terjun dalam ajang jual beli atau memasarkan hasil budidaya burung. Langkah awal, Anda perlu mengetahui cara memelihara Burung Dara Merpati secara tepat. Supaya menghasilkan burung yang berkembangbiak banyak dan berkualitas. Karena, jika Anda salah dalam memeliharanya akan berakibat fatal. Yakni, burung tidak dapat tumbuh dan berkembang secara bagus. So, untuk lebih baiknya langsung cek caranya di bawah ini. Cekidot.

Baca juga : 6 Cara Tepat Memilih Merpati Balap Berkualitas

1. Berikan Makanan yang Bervariasi dan Bergizi

Burung Dara Merpati

Burung Dara Merpati

Tidak hanya manusia yang memerlukan makanan bergizi dan bervariasi. Namun, burung juga memerlukan hal tersebut demi tumbuh dan berkembang secara bagus. So, berikanlah pakan yang mengandung protein sekitar 16-18%, lemak dan karbohidrat. Misalnya seperti: Biji-bijian, jagung , beras putih, gabah dan beras merah.

2. Memberikan Minuman dan Vitamin

Burung Dara Merpati

Burung Dara Merpati

Berikan burung Anda air yang jernih, untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuhnya. Supaya, memiliki stamina lebih kuat dan bugar. Anda juga dapat menambahkan pemberian vitamin, baik yang ada dalam buah dan sayur maupun berbentuk racikan.

3. Memandikannya Secara Rutin

Burung Dara Merpati

Burung Dara Merpati

Mandikan burung secara rutin, supaya terjaga kebersihannya. Dengan begitu, keindahan bulunya pun akan semakin nampak. Serta, supaya terhindar dari beragam kuman yang mengganggu kesehatan burung.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Burung Dara Merpati

Burung Dara Merpati

Kebersihan kandang juga harus dijaga, dengan mencucinya atau mengganti. Supaya eksterior-nya menarik saat nanti dijual. Selain itu, dengan kandang yang bersih tentu akan terhindar dari beragam kuman dan virus.

5. Melatih Burung Dara

Burung Dara Merpati

Burung Dara Merpati

Burung yang baru berusia 6 minggu, tentu masih mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan mengenali lingkungan. Nah, Anda sebagai pemiliknya perlu memberikan pelatihan pada burung. Dengan cara melatih burung keluar masuk pintu, untuk mengenali kandangnya. Melatih bertatap muka dan mengajak bicara. Hingga, menunjukkan tempat wadah pakan yang nanti akan diberikan pada Si burung.

6. Berinteraksi dengan Ikatan Batin

Burung Dara Merpati

Burung Dara Merpati

Seringlah mendekati burung, mengajak berbicara dengan intensif namun jangan agresif, menyentuh dan sejenisnya. Supaya burung memiliki ikatan batin dengan manusia. Dengan begitu, Anda pun semakin berbahagia bila dapat melihat burung berkicau riang. Tentu, akan menjadi penikmat burung lebih terhibur dalam menjalankan hoby-nya. Selain itu, saat nanti dijual Si burung juga akan lebih menarik di mata pembeli.

7. Teknik Memegang yang Benar

Burung Dara Merpati

Burung Dara Merpati

Dalam memegang burung, jangan dikira sembarangan tanpa strategi ya Pemirsa. Karena, salah teknik memegang tentu akan berpengaruh pada tanggapan burung terhadap Anda. So, semua dalam hidup ini membutuhkan ilmunya begitupun dalam hal memegang burung.

Teknik memegang burung yang benar diantaranya seperti: Membiarkan burung berdiri di telapak tangan, meletakkan tangan terbuka di depan burung, mengayunkan tangan dengan pelan untuk mengundang burung datang di telapak tangan, setelah di atas jari-jari telapak tangan maka pegang dengan lembut menggunakan jempol, posisikan kakinya pada jari-jari Anda, jempol Anda di bawah dan menutupi sayap, memegangnya santai saja jangan ditekan supaya burung tidak stress. Dengan teknik ini, burung akan nyaman dipegang dan tidak mudah lepas.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang Burung Dara Merpati. Selain menjalankan hoby Anda memelihara burung kesayangan, ini juga menjadi peluang yang menghasilkan. Sehingga Anda dapat menjadikan jual beli burung yang tentunya menguntungkan, dapat dipasarkan dengan sarana digital.

Anda pun perlu menerapkan tips memelihara burung jenis ini sesuai cara di atas. Supaya burung dapat tumbuh dan berkembang secara berkualitas. So, tidak hanya indah dilihat dan didengar saja. Anda pun akan menjadikan burung tersebut memiliki nilai jual tinggi. Oke, sekian dari kami dan terimakasih. Selamat mencoba Pemirsa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *