Tips Ampuh Berbisnis Burung Dara Pos Hingga Sukses

Pasukanburung.com- Tahukah Anda tentang burung Dara Pos? Salah satu jenis burung yang memiliki kecerdasan. Oleh karena itu, burung ini tidak hanya dijadikan piaraan maupun hiasan saja. Namun, juga dipergunakan dalam pengiriman surat atau pesan. Namun, Merpati perlu dilatih terlebih dahulu oleh pemiliknya.

Dengan kecerdasannya alami itu, Merpati akan lebih mudah dilatih, memiliki daya ingat yang kuat, kemampuan navigasi, memiliki naluri untuk kembali ke sarangnya meski pergi cukup jauh. Nah, dengan kemampuan tersebut tentu kemungkinan besar surat akan sampai pada tujuan tanpa khawatir salah sasaran.

Maka, tidak perlu heran bila pengantar pesan pun dapat dilakukan oleh burung ya Guys. Terlebih, Burung Dara Pos juga diberikan jenis makanan tersendiri yakni campuran kalium karbonat dan minyak ikan. Tujuannya supaya burung memiliki vitaman dan gizi yang mencukupi, sehingga akan tampak sehat dan mudah dilatih.

Merpati jenis ini pun rata-rata hasil perkawinan silang antara ras Yansson dan Delbar asal Belgia, serta ras unggulan lainnya. Namun seiring berkembangnya zaman, burung jenis ini tidak hanya untuk pengantar surat pos saja. Merpati tersebut juga bisa dijadikan ladang bisnis menggiurkan. So, untuk tahu cara membisniskan-nya bisa langsung cek di bawah ini.

Baca jUuga: Kenali Ciri Burung Pos Asli dan Berkualitas

1. Ternak

Untuk berbisnis burung, Anda perlu budidaya. Supaya merpati dapat dijadikan ladang produk yang diperjual belikan kepada para Customer. Jika Anda dapat ternak Dara Pos semakin banyak dan berkualitas, tentu akan banyak penikmat burung yang membeli produk tersebut. Hal itu akan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

2. Perawatan dan Melatih

Cara budidaya Dara Pos yang tepat, harus memperhatikan perawatan dan pelatihan. Perawatan disini berupa makanan, kandang, dan cara memperlakukan burung secara benar. Kebersihan kandang perlu diperhatikan dengan serius. Selain dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi Customer yang ingin membeli, memperhatikan kandang juga untuk menjaga kualitas burung supaya tidak terserang virus.

Karena jika diserang virus, burung akan berpenyakitan dan mati, yang dapat merugikan ternak Anda. Selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan kebersihan burung, dengan memandikan secara teratur. Supaya bulu-bulunya tetap terlihat indah dan memiliki nilai jual tinggi.

Terpenting, Anda juga perlu memberikan makanan yang bergizi. Untuk pakan berikan pelet 100% dan sorgum, gabah, jagung. Serta, pakan harus diberikan yang mengandung campuran kalium karbonat dan minyak ikan. Supaya terjaga kesehatan dan kecerdasan burung. Selanjutnya, berikan pelatihan-pelatihan seperti cara meracau, masuk keluar kandang, dan lain sebagainya.

Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=haOnpkYEMY0

3. Kawin Silang

Kawin silang burung perlu dilakukan oleh para Pebisnis Dara Pos. Hal ini bukan hanya berguna untuk memperbanyak hasil burung. Namun, dengan kawin silang dapat mencetuskan bibit unggul yang menghasilkan burung lebih berkualitas dan kecerdasan tinggi. Maka, lakukan perkawinan silang burung dengan burung lain yang memiliki bibit terbaik.

4. Marketing Digital

Era kontemporer saat ini tentu zamannya digital. Para Pebisnis tidak akan memiliki kemajuan yang signifikan dan cepat tanpa memanfaatkan sarana digital. So, selain melakukan budidaya burung secara baik Anda pun harus memahami strategi marketing digital. Banyak platform yang bisa Anda gunakan dalam memasarkan produk burung secara digital. Mulai dari platform gratisan hingga berbayar. Diantaranya seperti: Instagram, Facebook, Blog, Whatshapp, Google Sites, Google My Business, Website, hingga Aplikasi.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Memilih Merpati Balap Berkualitas

5. Miliki Tim

Bukan Pebisnis namanya jika bekerja sendiri tanpa tim. Jika Anda ingin menjadi Pebisnis di sektor budidaya burung, perlu memiliki tim dan juga sistem bisnis. Mereka akan membantu jalannya bisnis Anda lebih maju, dan harus memiliki job description yang jelas.

6. Target Market

Sebuah produk yang bagus dan memiliki nilai jual bukan hanya dilihat dari segi kualitasnya saja, namun juga harus memperhatikan target market. Jika Anda salah menawarkan produk pada orang yang tidak berminat pada burung, tentu produk Anda akan ditolak bahkan mungkin ditertawakan. So, target lah para pencinta burung sebagai ladang pasar Anda. Anda bisa mentarget melalui grup media sosial “Pencinta Burung Dara Pos”. Atau, membuat website yang fokus pada niche “Burung Dara Pos”.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang cara membisniskan Burung Dara Pos. Supaya Anda bukan hanya menikmati hoby memelihara Merpati sebagai hiasan, namun juga menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Terlebih, dapat dijadikan ruang profesi sebagai Pebisnis yang memiliki kredibilitas. Untuk mewujudkan impian tersebut, Anda dapat memulai menerapkan tips ampuh dari kami. Semoga kesuksesan bisnis burung Merpati segera menghampiri Anda. Sekian dari kami, dan terimakasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *