Manfaat Mengonsumsi Telur Burung Dara

Manfaat Mengonsumsi Telur Burung Dara. Foto : pxhere.com

Manfaat Mengonsumsi Telur Burung Dara. Foto: pxhere.com

Pasukanburung.com – Tidak hanya sebagai burung hias, burung lomba, dan burung kicau saja. Saat ini banyak sekali orang yang membudidayakan burung dara dijadikan bahan pangan. Di berbagai resto di Indonesia, sudah banyak sekali kita jumpai aneka menu masakan yang berbahan dasar burung dara.

Burung dara memiliki daging yang sering dijadikan sebagai masakan dengan citarasa yang lezat. Sebagai informasi, ternyata konsumsi daging merpati ini memberikan khasiat tertentu yang berguna bagi tubuh kita dikarenakan kandungan nutrisi di dalamnya.

Selain kelebihan di atas, telur burung dara memiliki kandungan protein yang tinggi pada bagian kuning dan putih telurnya. Selain itu, pada telur burung dara juga terdapat kandungan lemak dan karbohidrat yang dapat berguna sebagai sumber energi untuk tubuh serta dapat membantu perbaikan pada sel-sel tubuh yang rusak. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat mengonsumsi telur burung dara.

Manfaat Mengonsumsi Telur Burung Dara

Walaupun bisa dikatakan jarang sebagai bahan komunikasi, ternyata telur burung dara juga memiliki manfaat yang mengejutkan. Setidaknya ada beberapa manfaat yang dapat kami sampaikan mengenai telur burung dara, diantara adalah sebagai berikut :

1. Sebagai sarana pengembangbiakan burung dara

Burung dara merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk ovipar, yaitu hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Untuk menetaskan telurnya menjadi anak burung dara, burung dara perlu mengerami telurnya hingga menetas.

2. Sebagai telur konsumsi

Layaknya telur hewan unggas pada umumnya, telur burung dara pun dapat dikonsumsi dengan cara digoreng maupun direbus. Meskipun demikian, ukuran telur burung dara yang cukup kecil menjadikan telur ini jarang dikonsumsi oleh masyarkat pada umumnya.

Baca Juga : Inilah jenis Burung Dara Hias dan Harganya

3. Sebagai obat penurun panas demam anak secara tradisional

Manfaat ketiga dari telur burung dara adalah sebagai obat tradisional penurunan panas demam. Karena konon ternyata konsumsi telur burung dara mentah ternyata dapat membantu menurunkan panas demam pada anak. Berikut merupakan cara-cara yang dapat Anda tempuh dalam mengkonsumsi telur burung dara guna menurunkan panas demam anak

Cara Pertama

Minumkan telur burung dara kepada anak setelah telur burung dara mentah diaduk hingga bercampur antara kuning dan putih telurnya. Konon, setelah beberapa jam didiamkan, biasanya akan muncul bintik-bintik merah pada kulit anak. Apabila manjur, maka secara perlahan-lahan panas pada anak akan semakin berkurang.

Cara Kedua

Apabila anak Anda tidak menyukai cara konsumsi langsung dalam mengkonsumsi telur burung dara mentah, maka Anda dapat mencampurkannya dengan madu. Selain memiliki rasa manis alami, madu juga sering digunakan sebagai obat tradisional.

Konsumsi telur burung dara untuk menurunkan panas demam seperti cara di atas merupakan salah satu solusi bagi Anda untuk menurunkan panas demam anak tanpa perlu meminum obat. Beruntunglah Anda apabila anak Anda sedang demam namun terdapat keluarga maupun kerabat yang memelihara burung dara yang sedang bertelur. Karena telur tersebut dapat dijadikan sebagai obat penurun panas demam anak Anda.

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat telur burung dara. Semoga artikel ini dapat membantu memberikan informasi kepada Anda mengenai manfaat mengonsumsi telur burung dara dan jangan lupa masukkan menu telur dara untuk si kecil agar mereka mendapatkan segudang manfaat dari telur mini ini. Terimakasih telah membaca artikel ini.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *