Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Mengenal Warna Pada Burung Merpati. Foto: pawirobirdfarm.co

Mengenal Warna Pada Burung Merpati. Foto: pawirobirdfarm.com

Pasukanburung.comMerpati dan dara merupakan seekor burung yang sama jika dilihat dari bentuk dan jenisnya, hanya beda dalam penamaan saja.

Disini saya akan membahas sedikit tentang jenis warna merpati memiliki jenis warna yang memiliki khas nama yang mungkin sering di sebut di Indonesia dan mungkin nama yang unik yang pernah ada.

Berikut ini kriteria merpati menurut bulu warnanya :

Merpati Warna Megan

Warna Megan - Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Megan – Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna megan ini merupakan warna yang paling banyak dijumpai, yaitu warna abu-abu dengan strip hitam. Karakteristik burung dengan warna megan ini bisa terbang tinggi, dan jika berbicara mengenai pasangan, burung dengan warna ini sangat posesif dan cemburuan.Untuk sisi kelemahannya terletak pada sisi menukiknya, apalagi disaat pendaratan.

Merpati Warna Gambir / Gambiran

Warna Gambir- Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Gambir- Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Gambiran ini yaitu coklat polos, ada juga yang bilang merah. Selain mudah dijodohkan, burung dara warna ini bagus untuk dijadikan burung aduan karena manuvernya cepat dan bisa tinggi juga terbangnya. Konon burung dengan warna ini gampang hilang.

Merpati Warna Hitam

Warna Hitam - Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Hitam – Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Burung merpati warna hitam ini karakternya sedang-sedang saja. Terbangnya tidak terlalu tinggi dan kecepatan akselerasi di udara juga sedang-sedang saja. Mungkin ini ada pengaruh dari tingkat aerodinamikanya yang rendah dan tidak menjaga berat badan ideal.

Merpati Warna Kelabu/Kelawu

Warna Kelabu - Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Kelabu – Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Karakteristik burung ini yaitu mudah untuk dilatih, sangat jinak, penurut, pintar, mudah memahami lingkungan. Jenis ini mempunyai varian seperti kelawu selap (mempunyai garis warna yang berbeda pada sayapnya).

Baca Juga : Manfaat Mengonsumsi Telur Burung Dara

Merpati Warna Plontang/Blontang

Warna Plontang - Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Plontang – Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Sebenarnya kasihan juga burung ini dinamai blontang. Coba kita dipanggil blontang, pasti marah. Warna blontang ini merupakan perpaduan dua warna di keseluruhan badannya, seperti doreng. Bila dijodohkan burung ini tidak pilih-pilih. Konon kemampuan menukiknya lumayan hebat. Maka dari itu para geber lebih menyukai burung ini untuk hias di rumah saja.

Merpati Warna Blorok

Warna Blorok- Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Blorok- Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Jenis ini mempunyai warna perpaduan warna yang tidak menentu. Bisa mempunyai berbagai kombinasi warna dan tempatnya juga tidak menentu, seperti semburan cat. Konon karakteristiknya mempunyai insting pulang yang sangat baik dan sudah mengetahui tempat pulang ke kandangnya.

Merpati Warna Putih

Warna Putih- Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Warna Putih- Mengenal Warna Pada Burung Merpati

Burung merpati warna putih ini karakternya biasa saja. Hanya saja warnanya memang bersih dan gampang diingat oleh penikmat burung merpati. Kadang-kadang merpati putih juga dibuat sebagai simbol pernikahan. Saya heran kenapa. Mungkin karena warnanya putih terus dianggap suci. Padahal yang putih-putih belum tentu setia. namun bagi kalangan penonton justru mengundang minat karena terlihat tampak bersih, segar dan enak dipandang.

Itulah beberapa warna burung merpati yang sering kita jumpai di sekeliling kita. semoga bermanfaat.

You may also like...

2 Responses

  1. Swanpretty says:

    Inspiratif menambah pengetahuan. Diberi tambahan yg paling laris dan paling langka dari warna warna tersebut lebih bagus. Hehehe 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *