Tips Pemberian Makan Burung Dara

Gambar Pakan Burung Dara

Gambar Pakan Burung Dara

Pasukanburung.com – Jika anda ingin belajar merawat burung dara, harus memiliki komitmen yang serius dan jangan mudah menyerah untuk menyediakan perhatian kepadanya. Sekarang kita akan mengulas mengenai makanan yang di sukai oleh burung dara.

Burung dara pasti kebanyakan diternakkan di sekitar rumah para penghobi dan bahkan di liarkan, karena sifatnya yang setia akan membuatnya tetap berada di sekitar kandangnya, Sekalipun pergi pasti akan kembali. Makanan burung dara juga tidak terlalu sulit karena sangat mudah untuk dibeli di toko pakan dan di cari di dekat pekaragan.

Bagai para penghobi burung yang suka berternak burung dara ini ada beberapa jenis pakan merpati pada umumnya di Indonesia yang bisa di jadikan makanan untuk merpati agar tetap sehat dan supaya cepat gemuk antara lain :

– Jagung

Sumber: pricearea.com

Sumber: pricearea.com

– Kacang hijau

Sumber: life.trubus.id

Sumber: life.trubus.id

Beras merah

Sumber: 8villages.com

Sumber: 8villages.com

Pakan yang paling umum diberikan adalah jagung, selain mudah didapatkan dipasaran juga murah harganya. Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari atau 1 kali sehari. Dua-duanya sudah saya coba dan tidak bermasalah. Pilihan tergantung pada ketersediaan waktu anda untuk memberikan pakan pada merpati anda.

Waktu yang tepat jika pemberian pakan 2 kali sehari yaitu jam 8 dan jam 3 sore. Waktu fleksibel tergantung waktu anda, yang penting memberikan pakan pada saat terang. jika waktu anda hanya cukup memberikan pakan 1 kali dalam sehari, anda cukup memberikannya pada sore hari. Hal-hal yang perlu anda perhatikan saat pemberian pakan:

Baca Juga : Mengenal Warna Pada Burung Merpati

1. Pakan yang diberikan hanya 1 jenis saja pada satu waktu, kalau 2 atau 3 jenis biasanya merpati akan mengacak-acak makanan, sesuai dengan yang dia mau.

2. Air minum sebaiknya selalu tersedia setiap saat.

3. Buat tempat pakan yang cukup lebar agar merpati tidak berebut. kecuali jika merpati terpisah pada lain-lain kandang.

4. Jangan pernah menempatkan pakan setiap saat, sediakan pakan sesuai waktu yang anda tetapkan saja.

5. Variasi jenis pakan sangat membantu dalam menjaga selera makan merpati.

6. Pisahkan burung yang selalu membuat keributan saat makan

7. Perhatikan burung yang tidak kebagian makan agar diberi kesempatan untuk makan cukup.

8. Perhatikan setelah makan, burung harus minum.

9. Berikan serbuk grit atau kulit telur yang telah kering dan dihancurkan minimal sebesar diameter  jagung terkecil secara berkala seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

Di samping itu, variasi pakan burung merpati dapat memberikan kecukupan nutrisi burung merpati secara seimbang. Secara alami, burung merpati yang dilepas liar dapat memilih sendiri makanan yang diperlukan. Pucuk-pucuk tanaman muda yang kecil juga disenangi burung merpati.

Demikian info yang kami berikan mengenai makanan burung dara, Kami sertakan juga informasi yang lainya yaitu Manfaat mengonsumsi Telur Burung Dara dan Tips Ampuh Berbisnis Burung Dara Pos hingga sukses untuk sumber pengetahuan anda semuanya, terimakasih semoga dapat membantu serta bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *