Keunggulan Burung Dara Mahkota Menakjubkan, Wajib Anda Tahu

Pasukanburung.comIngin memelihara jenis burung yang cantik dan mempesona? Burung Dara Mahkota atau Mabruk, menjadi pilihan yang sangat cocok buat Anda miliki. Pasalnya, terdapat ciri-ciri dari tampilannya yang unik dan daya tariknya begitu memikat.

Terlebih, seperti namanya Merpati ini mempunyai mahkota di kepala. Pasti, membuat burung tersebut tampak beda dengan yang lain dan begitu indah.
Oleh karena itu, Mabruk disebut-sebut sebagai burung terindah di dunia.

Terdapat beragam keunggulan yang dimiliki. Baik dalam segi internal Si burung maupun sisi eksternal-nya. Semakin penasaran kan Guys tentunya? Oke, langsung saja cek di bawah ini. Terkait kelebihan dari Burung Dara Mahkota.

1. Memiliki Mahkota di Kepala

Salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis burung lain, Mabruk mempunyai mahkota di kepalanya. Tentu, ini menjadi salah satu keunikan dan kelebihan yang sangat mudah dikenali dan menjadi pembeda. Mahkota di kepalanya juga menjadikannya tampak berkarisma dan begitu cantik memukau.

2. Tubuhnya Besar

Dara Mahkota juga memiliki tubuh yang berbeda dengan burung lainnya. Pasalnya, memiliki tubuh yang lebih besar. Tentunya, akan tampak gagah dan kokoh yang semakin menarik untuk dipelihara dan dijadikan hiasan.

3. Warna-Warni Burung yang Makin Cantik

Sayap dan bulu-nya memiliki bermacam paduan warna. Membuat tampilannya semakin indah dan betah berlama-lama memandangnya. Bulu sayapnya hampir semua berwarna abu-abu kebiruan. Sayap sekunder berwarna abu-abu muda. Sedangkan bulu halusnya hampir dipenuhi dengan warna merah anggur yang tampak mencolok dan segar.

4. Paruhnya Lancip dan Berwarna

Mabruk juga memiliki paruh yang lebih lancip dibandingkan burung lainnya. Selain itu, paruh-nya juga berwarna abu-abu kebiruan.

5. Mata Berwarna dan Tajam

Warna merah tampak pada matanya yang semakin menantang. Terlihat begitu tajam pandangannya.

6. Kaki Sisiknya Halus

Pada kaki terdapat sisik hingga ujung jarinya, dengan warna putih. Terlebih, sisik tersebut terbilang halus terutama pada Mabruk betina.

Baca Juga: Tips Cepat Menjodohkan Merpati Agar Giring Keras

7. Ekor Berpita

Lucunya lagi, burung ini memiliki ekor yang berpita. Pita-nya berwarna abu-abu muda dan melebar.

8. Jenis Kelamin Cukup Sulit Dikenali

Terbilang cukup unik, karena jenis kelamin dari burung Mabruk cukup sulit untuk dikenali. Pasalnya, banyak persamaan antara betina maupun jantan.

9. Terdapat 3 Jenis

Mabruk Ubiaat. Sumber: id.wikipedia.org

Mabruk Ubiaat. Sumber: id.wikipedia.org

Mabruk Victoria. Sumber: pixabay.com

Mabruk Victoria. Sumber: pixabay.com

Mabruk Selatan. Sumber: pixabay.com

Mabruk Selatan.Sumber: pixabay.com

Dara Mahkota ini terbagi menjadi tiga jenis. Diantaranya seperti: Mabruk Ubiaat (Goura cristata), Mabruk Victoria (Goura victoria), dan Mabruk Selatan (Goura scheepmakeri). Mabruk Ubiaat (Goura cristata), dikenal sebagai Mabruk Barat yang memiliki panjang 70 cm dan berat 2.100 gram. Selain itu, terkenal dengan warna paduan bulu yang cenderung gelap serta biji-bijian menjadi makanan utamanya.

Mabruk Victoria (Goura Victoria), memiliki ciri panjang mencapai 74 cm dengan mahkota yang berbentuk seperti kipas yang ujungnya berwana putih. Untuk warna bulunya lebih banyak menonjolkan warna biru dan ungu, dilengkapi topeng hitam di sekitar mata dan warna mata-nya berwarna merah.

Nama dari spesies ini kabarnya diambil dari peringatan Ratu Inggris, Victoria Britania Raya. Mabruk Selatan (Goura scheepmakeri), jenis burung besar yang menghuni daratan rendah selatan pulau Papua. Dengan ukuran panjang 70 cm dan berat 2,25 gram, ditambah ciri wara dan tubuhnya yang begitu mencolok dan tampak cantik.

10. Jadi Gambar di Mata Uang

Ternyata burung Dara Mahkota atau Mabruk dijadikan salah satu icon atau gambar pada mata uang lho Guys. Hemm, begitu popularnya ya burung ini.

Baca Juga: Cara Ampuh Budidaya Dara Kolongan Yang Menguntungkan

11. Hidup Berpasangan dan Berkelompok

Jenis burung ini seringkali hidup secara berpasangan atau berkelompok. Selayaknya burung Merpati lainnya gitu deh. Burung aja punya pasangan, masak kamu enggak? Hehehe, bercanda Guys.

12. Diambil Daging dan Bulunya

Burung ini dicari karena diambil dagingnya yang lezat itu. Terlebih, bulunya yang indah sering dijadikan incaran untuk dibuat kreasi.

13. Bisa Dibisniskan

Nah, ini kabar menggembirakan kan. Burung yang memiliki daya tarik keindahan ini bisa Anda bisniskan untuk menghasilkan keuntungan. Coba pasarkan kepada komunitas pencinta burung.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang keunggulan dari Burung Dara Mahkota. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda para Pembaca dalam menambah wawasan, khususnya bagi para pencinta burung. Jika Anda terkesima dengan keindahan dan kelebihan dari burung Mabruk, jangan lupa untuk segera memiliki-nya Guys.

Pasti akan menjadi koleksi burung yang menakjubkan dan menghiasi rumah lebih indah untuk dipandang. Memberikan kepuasan tersendiri dalam menikmati hoby memelihara burung. Terlebih, Merpati juga dapat dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Oke, sekian dari kami dan terimakasih.

You may also like...

3 Responses

  1. Swanpretty says:

    Artikelnya sangat bermanfaat bagi yang suka burung dan mengetahui jenis burung dara. Sukses selalu 🙂

  2. keren juga burung daranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *