7 Cara Efektif Penambah Nafsu Makan Burung Dara

 

7 cara efektif penambah nafsu makan burung dara

Burung dara yang gemuk dan sehat menjadi faktor penting dalam memelihara burung dara, sebab akan menyenangkan hati ketika melihat hewan peliharaan kita sehat dan aktif.

Namun ada kalanya burung dara mengalami fase penurunan nafsu makan karena berbagai hal yang dialami, seperti kondisi tubuh, faktor cuaca atau lingkungannya dan dari makanan yang diberikan itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang 7 Cara efektif penambah nafsu makan burung dara sehingga burung dara dapat kembali sehat.

Jika burung dara tersebut dijual tentu bisa memberikan keuntungan lebih besar. Yuk sahabat mari simak selengkapnya di pasukanburung.com. Cara alami bisa menggunakan ramuan yang dibuat dari bahan alami sebagai berikut :

1. Ramuan Brotowali

Bahan: – Dua sampai Tiga helai daun brotowali – ukuran satu jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil – Dua gelas air. Cara Membuat: Cuci Sampai bersih daun dan batang brotowali. Masukkan dalam panci (jika ada lebih baik wadah dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan ditutup sampai menyisahkan setengah airnya. Setelah dingin, saring air rebusan. Diminumkan pada burung dara sehari satu sendok, lakukan itu selama beberapa hari.

2. Ramuan Lengkuas

Bahan: – 2 sampai tiga jari batang lengkuas – 40 mililiter air matang. Cara meraciknya: Lengkuas yang dicuci bersih kemudian diparut, ditambah air lalu diperas. Air perasan minumkan pada burung dara 2 sampai tiga kali sehari satu sendok makan. Lakukan ini sebelum pemberian makan selama beberapa hari.

3. Ramuan Daun Pepaya

Bahan: – Satu helai daun pepaya – Garam dapur secukupnya – Satu gelas air matang. Cara Membuat: Setelah dicuci hingga bersih , lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Selanjutnya, peraslah sampai keluar airnya. Air perasan diminumkan sekaligus sampai habis. Lebih baik diminumkan pada burung dara pada pagi hari. Meraciknya juga pada pagi hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari.

4. Ramuan Temulawak

Bahan: – Dua jari umbi (akar) temulawak – Dua jari umbi (akar) lengkuas – Setengah genggam daun meniran – dua gelas air. Cara Meracik: Semua bahan dicuci sampai bersih. Lalu dipotong kecil-kecil dan masukkan dalam wadah. Tambahkan air dan rebuslah hingga mendidih selama 10 menit. Biarkan sampai dingin, kemudian disaring. Minumkan pada burung dara dua kali sehari setengah sendok, lakukan beberapa hari.

Baca juga:

Khasiat Daun pepaya Bagi Burung Merpati

Lezatnya Burung Dara Surabaya, Kuliner yang Wajib Dicoba

Keunggulan Burung Dara Mahkota Menakjubkan, Wajib Anda Tahu

5. Ramuan Daun Pandan

Bahan: – 3 sampai 5 lembar daun pandan – 4 gelas air. Cara Membuat: Potonglah kecil-kecil daun pandan. Kemudian masukkan dalam wadah dan tambahkan empat gelas air. Rebuslah sampai airnya dijadikan dua gelas. Setelah dingin, diminumkan pada burung dara dua kali sehari. Sekali minum satu sendok.

6.  Campur Kacang Merah pada Pakannya

Kacang merah adalah bahan pangan yang cukup sering ditemui sehari-hari.  Ukurannya bulat memanjang. Secara alami kacang merah ini juga tidak terlalu besar sehingga mudah untuk ditelan burung dara. Kandungan proteinnya juga cukup besar, sehingga sangat baik untuk membuat burung dara cepat lapar dan nafsu makannya bertambah, gemuk, dan sehat.

7.  Lakukan Pola Makan yang Benar

– Sebetulnya, agar burung dara nafsu makan, pola pemberian makannya 2-3 kali sehari sudah cukup untuk burung dara.

– Beberapa orang atau pecinta burung dara menggunakan pola pemberian makan pagi, dan sore hari. Sementara ada juga, menggunakan pola makan yang tepat, pagi, siang dan sore.

– Perhatikan burung yang tidak kebagian makan agar diberi kesempatan untuk makan cukup.

– Setiap kali memberi makan, berikan kacang tanah sebagai pakannya disamping pakan utama. Kira-kira 15 butir kacang tanah untuk tiap ekor burung dara.

– Jika indukan sedang memberi makan piyikan, tambahkan pur babi sebagai pelengkap agar nutrisi ini masuk juga pada si piyikan. Komposisi pur yang lembut dapat mempermudah indukan untuk meloloh piyikannya tersebut.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan yang berkualitas para Pecinta Burung Dara. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *