Faktor Utama Penyebab Burung Merpati Giring Keras

 

Burung Merpati Giring Keras

Menurut penulis, terdapat banyak ciri yang mempengaruhi burung giring keket atau keras dan beberapa faktor yang membuat burung dara giring baik diantaranya adalah:

1. Karakter Burung Dara

Menurut pengamatan yang saya lakukan, Karakter dari burung dara itu sendiri yang sangat berpengaruh terhadap giring keras burung sedangkan karakter burung dara bisa didapatkan dari trah atau keturunan. Anda dapat menjumpai burung dara giring keras dari indukan yang bagus atau bisa dikatakan dari trah burung yang baik. Untuk yang satu ini tidak dapat kita ubah walau bagaimanapun caranya, karena bila memiliki trah yang keras akan sangat memungkinkan keturunan dari burung tersebut juga akan memiliki karakter yang mirip atau sama.

2. Cara Perawatan Merpati

Bila Anda menginginkan burung dara yang bagus, maka keturunan yang baik saja tidak cukup namun diperlukan perawatan yang baik pula, salah satu cara perawatan yang baik adalah dengan menyediakan kandang yang bersih, serta pakan yang bermutu bagus dan tambahan suplemen untuk menjaga stamina dan kesehatan si burung dara itu sendiri.

Meskipun burung memiliki Trah yang bagus, namun bila Anda tidak merawatnya dengan baik maka karakter dari burung dengan giring keras akan berangsur – angsur hilang dengan sendirinya.

Lakukan perawatan yang baik, jaga stamina dan kondisi burung dara Anda agar selalu sehat dan jangan lupa untuk memberikan suplemen makanan yang rutin setiap harinya atau sesuai dengan perawatan yang Anda lakukan.

3. Durasi Latihan/Melatih Burung Dara

Faktor lain yang sangat berpengaruh adalah “Latihan”, meskipun Anda memiliki burung dara super serta telah melakukan perawatan dengan menjaga habitatnya tetap bersih dan memberikan makanan terbaik namun bila tidak dilatih maka semua hal tersebut juga akan sia – sia.

Burung dara dengan trah keturunan Predator sekalipun bila tidak pernah melakukan latihan maka hasilnya juga akan sangat buruk bahkan rusak.

Dengan latihan yang teratur serta berkelanjutan maka karakter “Galak” dari burung dara Anda akan keluar serta dapat memaksimalkan semua potensi yang ada pada burung giring keras Anda.

Baca Juga: Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Dara

4. Wajib Menjemur Merpati Tiap Pagi

Mari kita simak bersama – sama, Burung Dara kebanyakan orang tidak memikirkan kesehatan tubuh peliharaan burung tersebut, menjemur burung dara tiap pagi bermanfaat banyak sekali yaitu :

  • Memberi Kesehatan Burung Dara
  • Membangun Fisik

Burung Dara memang harus banyak banyak kita jemur di cuaca panas pagi yang sehat, melihara Burung dara memang mudah tapi untuk mendapatkan hal – hal yang kaksimal banyak hal hal juga yang harus kita lakukan.

Kebiasaan menjemur di pagi hari adalah hal yang wajar yang harus kita kerjakan, adapun hal tersebut kita selayaknya menjalankan aktifitas kita sehari – hari.

Burung dara yang harus kita rawat ataupun yang kita urus biasanya banyak cara atau tips yang harus kita lakukan, agar peliharaan anda sehat maka wajib kita urus semaksimal kita bisa.

Adapun selain menjemur, rutinitas kita biasanya sebagai penghoby merpati aktifitas sehari hari adalah merawat, seperti mencuci kaki burung dara dari kotoran burung dara itu sendiri, ataupun juga memandikan tubuh merpati yang kita miliki.

Mengenal ciri-ciri Negatif pada Burung Dara

Tentu, seorang pelatih menginginkan merpati asuhannya mampu bertanding dalam kejuaraan. Ada dua prasyarat penting untuk menghasilkan merpati siap pentas di laga kejuaraan. Pertama, kemampuan melatih. Kedua, ketepatan memilih bibit atau burung dara yang bakal di latih.

Memilih burung dara yang bakal dilatih, memang tidak mudah. Apalagi jika kita hanya memilih berdasarkan “pegangan” saja, tidak melihat secara langsung gaya burung ketika terbang. Tetapi memilih berdasarkan “pegangan katuranggan merpati”, banyak dilakukan. Banyak sisi keuntungannya memang, seperti harga bisa lebih rendah, kita dapat memilih di pasar-pasar sembarang tempat. Memang kejelian memilih berdasarkan katuranggan perlu cermat dan proses pengalaman yang panjang. Ketika kita salah pilih, kemungkinan besar burung dara asuhan kita bakal tipis harapannya menjuarai pertandingan.

Di bawah ini terdapat sejumlah tips menghindari kesalahan-kesalahan memilih merpati berdasarkan “pegangan katuranggan merpati”. Yakni, hindari memilih burung dara yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Baca Juga: Telur Burung Dara tidak Menetas, Mungkin ini Penyebabnya

1. BRUTU

Pangkal ekor BERCENIL 2. Kebanyakan burung merpati yang mempunyai brutu terbelah 2 (bercenil dua) memiliki karakter terlalu mudah birahi. Merpati yang terlalu birahi dikhawatirkan ketika sedang dilatih mudah dibegal atau dikeplek disembarang tempat dan terkadang mudah hilang.

2. GENDONG

Yang dimaksud gendong adalah burung dara yang memiliki warna bulu berbeda dibagian punggung. Hampir dekat dengan ekor. Biasanya berwarna putih, Burung dara yang memiliki kelir demikian mempunyai watak suka terbang mengikuti (nguntit) lawan sehingga kecil kemungkinan untuk juara.

3. SELAP

Yaitu burung dara yang mempunyai satu helai bulu sayap dengan warna berbeda dengan warna keseluruhan tubuhnya. Misalnya, megan tritis yang hanya memiliki satu bulu di sayap berwarna putih. Burung dara yang demikian mempunyai watak suka mengikuti lawan.

4. COMRES

Yaitu burung dara yang mempunyai bercak warna putih disekitar mata dan paruh. Biasanya banyak kita dapati pada merpati berwarna gambir. Burung dara demikian hampir dapat dipastikan mempunyai watak mudah birahi pada semua betina. Watak yang demikian akan gampang dibegal jika sedang dilatih. Ada juga yang berpendapat bahwa warna ini menandakan burung dara kurang begitu cerdas.
Jadi kurang lebih segitu yang bisa penulis share, … silahkan sobat dan para penggemar burung dara, ditunggu comment serta masukannya…

Semoga bisa bermanfaat ya.

You may also like...

4 Responses

  1. dani says:

    ciri burung dara yg giringan keras apa saja gan? saya waktu kecil mengenal katanya kalo merpati punya mata jagung terbangnya bagus benar tidak?

    • Wahyu says:

      Iya gan bagus soalnya Mata Jagung = Mata yang dalam Kondisi Apapun Siap Alias Mata Standard yang jadi idaman Para Pemain Merpati

  2. LIRIK LAGU says:

    mantap maenan jaaman masih kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *