Ciri-ciri Merpati Betina Berkualitas Unggul

Ciri-ciri merpati betina berkualitas unggul

Pasukanburung.com. Banyak dari pemain merpati balap maupun merpati tinggian tidak mempermasalahkan faktor pasangan betina. Padahal itu merupakan faktor penting. Betina yang aktif dan sehat bertujuan untuk mempercepat laju terbang sang pejantan. Warna bulu betina tidak kalah penting. Betina dengan warna terang mencolok (ngejreng) atau yang mempunyai selap berguna agar pejantan lebih mengenali pasangannya, dan menghindari Main Serong atau pejantan tertarik kepada betina lainnya.

Peternak burung merpati akan memilih betina untuk dijadikan calon indukan dengan melihat bentuk badan, kesehatan, aktif (agresif), memiliki bulu yg indah dan yang paling utama adalah rajin bertelur. Bagi para peternak, indukan betina yang unggul akan menghasilkan anakan yang cemerlang pula. Indukan unggul merupakan aset yang sangat berharga di dalam kandang. Maka tidak heran kalau peternak tidak mau menjual indukan merpati unggul walaupun dengan harga selangit.

Berikut ada beberapa ciri-ciri betina yang baik untuk klepekan (penarik jantan saat lomba) maupun indukan.

1. Kepala tidak bulat, tetapi panjang seperti kepala tikus dengan mata yang menjorok kedalam (dengkok).

2. Bulu sayap rapat serta rapih. Jika di bentangkan tidak ada celah dan batang lar yg masuk ke sayap sangat tebal dan bulat.

Baca Juga: Masa Burung Merpati Mengeram

3. Jika dalam posisi berdiri punggungnya terlihat.

4. Paruh tipis serta panjang dan ujungnya melengkung kebawah dengan warna paruh sama dengan warna kuku (jika warna kuku hitam, maka paruh harus hitam, jika warna bersih, maka paruh harus bersih).

5. Saat giring, Sang Betinanya bisa di klepek/geber. (betina yg di lepas, sedangkan pejantannya untuk klepek / geber).

6. Klepekan/Geberan tampak aktif dan responsif. (dipegang pinggangnya, tak usah di geber, maka sayapnya akan membuka seperti sedang terbang).

7. Bisa kawin di atas dan di bawah. Betina seperti ini sangat diburu para pemain Merpati balap, karena geberannya sangat hidup sehingga dapat menambah kecepatan laju terbang pasangannya.

8. Jika didalam maupun di luar kandang, biasanya tipe betina seperti ini sangat agresif dan galak, baik ke merpati lain maupun ke tuannya.

9. Kualitas keturunan untuk mendukung indukan betina balap yang bagus perlu dilihat saudaranya, kakak, adik, paman, ayah, atau saudara dekatnya (“bibit, bebet, bobot”). Apakah sudah ada yang juara atau belum, apakah termasuk burung bagus atau bukan. Biasanya jika burung bagus memiliki keturunan yang bagus pula.

Mudah-mudahan dapat membantu anda dalam mengetahui ciri-ciri merpati betina berkualitas unggul. Terimakasih.

You may also like...

3 Responses

  1. Mantap. Informasinya bermanfaat 👍

  2. khoirul says:

    terus semangat kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *